Memahami update Google Algoritma

Mengapa kita sebagai webmaster atau praktisi seo sangat perlu sekali untuk memahami dan tahu cara mengatasi situs yang terkena dampak atau efek dari Update dari Google Algoritma Terbaru? Karena dengan adanya perubahan algoritma akan mempengaruhi peringkat atau Ranking terhadap keyword suatu website yang sedang atau yang telah di optimasi. jika kita tidak benar-benar memahami update terbaru ini sudah tentu akan mengalami kebingungan, kenapa? karena anda akan bingung, mengapa tiba-tiba web yang yang sudah memilki posisi yang bagus di mesin pencarian menghilang atau peringkatnya mundur hingga ke halaman belakang atau bahkan hilang sama sekali di mesin pencarian.

google algoritma

Tujuan Google membuat Algoritma Terbaru pada dasarnya adalah untuk meningkatkan hasil pencarian yang lebih berkualitas dan tentunya hal ini pun juga menuntut para webmaster untuk membuat konten yang lebih berkualitas dalam melakukan optimasinya. Jika anda masih menggunakan teknik atau cara-cara lama jangan harap website yang anda optimasi akan memilki posisi yang bagus di mesin pencarian.

Peringkat web di tentukan bukan hanya dengan quantity atau jumlah backlink yang banyak saja tetapi juga di tentukan oleh kualitas konten dari website itu sendiri karena Google sudah memilki berbagai algoritma yang masing-masing sudah memilki tugas tersendiri seperti:

  • Google algoritma Google Hummingbird
  • Google algoritma Google Pigeon Update
  • Google algoritma Google Payday Update
  • Google algoritma Google Pirate Update
  • Google algoritma Google EMD (Exact Match Domain) Update
  • Google algoritma Google Top Heavy Update
  • Google algoritma Penguin
  • Google algoritma Panda
  • Google algoritma Mobile Friendly
  • Google algoritma Real-Time

Sebagai contoh Jika hari ini terjadi Google Algoritma Penguin maka anda harus memahami jenis algoritma tersebut sehingga bisa mengetahui apa saja yang harus di lakukan supaya terhindar dari update tersebut. Karena jika situs atau optimasi anda tidak sejalan dengan update yang terbaru besar kemungkinan situs anda akan terkena dampaknya. untuk mengetahui update terbaru anda bisa mendapatkan informasi yang terpercaya melalui Google: Algorithm Updates Nah sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah: bagaimana cara mengatasi web yang terkena dampak dari update alogoritma google terbaru?

Namun sebelumnya perlu di ketahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri website yang terkena efek tersebut? Berikut ini adalah 3 tanda yang paling signifikan:

  • Peringkat atau Ranking web akan Turun Drastis
  • Trafik Pengunjung Menurun dan terus berkurang
  • Website tidak bisa di temukan dengan berbagai kata kunci

Jika situs anda mengalami seperti salah 1 dari 3 hal diatas sudah bisa di pastikan bahwa situs anda terkena Penalty akibat Update google Algoritma tersebut. Beberapa faktor seperti low quality content, duplicate content, link Spam, tidak mobile-friendy, dan kebanyakan iklan yang di tayangkan di situs anda pun bisa menjadi pemicu situs anda terkena dampaknya.

Cara Mengatasi situs yang terkena Efek Google Algoritma

Tidak usah panik dan bingung jika situs anda terkena Efek dari Update Google Algoritma terbaru, Berikut ini adalah pengalaman kami dalam mengatasi berbagai Dampak dari google algoritma Analisa SEO On-page

  1. Memastikan situs anda tetap berkualitas dan memilki struktur HTML yang baik
  2. Pastikan tidak ada duplicate Content baik itu judul, deskripsi maupun gambar dan file lainnya.
  3. Cek situs anda apakah mobile-friendy atau tidak, untuk mengecekanya bisa anda lakukan di Pengujian Situs Mobile-Friendly
  4. Periksa semua konten situs anda jangan sampai ada URL yang error 404

Rekomendasi: Segera lakukan perbaikan jika anda merasa menemukan beberapa kode HTML yang tidak benar dalam struktur situs anda dan selanjutnya setelah anda melakukan semua perbaikan segera submit dan Fetch kembali situs anda ke Google webmaster. Untuk melihat perjalanan perubahan algoritma anda bisa melihatnya di Google Algorithm Change History dan mulailah mengisi konten situs anda dengan artikel yang lebih berkualitas dan relevan sesuai dengan target keyword yang sudah anda tentukan sebelumnya.

Analisa SEO Off-Page

Cek semua Backlink yang mengarah pada situs anda khususnya jenis backlink yang memilki atribut Dofollow, periksa kembali apakah link2 tersebut relevan dan tidak mengandung unsur Spam. Pisahkan semua Backlink Berkualitas dan juga Kumpulkan semua link yang di anggap Negative dan berbahaya kemudian simpan dalam sebuah notepad yang selanjutnya di buat file untuk di submit ke Google Disavow link.

Berapa lama situs yang terkena dampak update algoritma ini akan kembali dimunculkan di mesin pencarian oleh google? Berdasarkan pengalaman di bidang Optimasi Seo ini, jika anda sudah melakukan semua aspek seperti yang sudah kami jelaskan di atas tadi maka paling lama situs anda akan muncul kembali setidaknya dalam waktu 2 minggu. namun posisi atau ranking belum tentu sama dengan kondisi semula semua bisa berubah lebih baik dan juga bisa kurang baik.

klien

2017 Master Seo All Rights Reserved